• 3
  • header
  • 2

..:: SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMA NEGERI 1 SUKODONO ::.. | Terima Kasih Atas Kunjungannya.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMAN 1 SUKODONO

NPSN : 20313031

Jl. Raya Sukodono - Tanon KM.01, Kec. Sukodono, Kab. Sragen, Jawa Tengah


info@sma1sukodono.sch.id

TLP : 0822 4353 0101


          

Banner

Jajak Pendapat

Ekstrakurikuler yang menjadi pilihanku di Sekolah ini adalah ?
Sepakbola/Futsal
Basket
Voli
Teater
Rohis
PMR
Badminton
Tenis
Pecinta Alam
Pramuka
  Lihat

Statistik


Total Hits : 722703
Pengunjung : 162583
Hari ini : 87
Hits hari ini : 267
Member Online : 0
IP : 34.239.158.107
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

  • iL7C (Alumni)
    2014-01-13 15:08:42

    jejaring sosial khusus Keluarga SMA NEGERI SUKODONO >HEBAT< Tapi sayang belum gabung semua masih sepi>>>>>>>> harus ...
  • iL7C (Alumni)
    2014-01-13 14:50:55

    1|2
  • iL7C (Alumni)
    2014-01-13 14:49:59

    1|1
  • HARTONO SAKTI (Alumni)
    2013-09-26 21:29:00

    assalamu'alaykum teman..

SEMANGAT PERANG BADAR AMIL ZAKAT ROHIS SMAN1S






Hari kemenangan telah tiba, hari raya terbesar bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia. Tua-muda, besar-kecil, kaya-miskin, sehat-sakit, pria-wanita, semua kalangan baik di desa maupun di kota ikut berbahagia dengan kehadiran hari raya ‘Idul Fitri ini.


            Pada perayaan hari raya ‘Idul Fitri tahun ini, kami merasakan keistimewaan tersendiri bagi keluarga SMA Negeri 1 Sukodono, sebab, meskipun beberapa hari lalu di sekolah hanya ada waktu 3 hari masuk sekolah pada bulan ramadhan, tapi hal ini tidak menghalangi kemeriahan berbagai kegiatan yang dilakukan anak-anak SMA Negeri 1 Sukodono.


Berbagai events seperti Bukber, Mabit, MOPD, dan atau Amil Zakat berhasil dilaksanakan dengan begitu bagusnya. Bukber dari OSIS, DAP, K-PAS, Wartawan SMAN1S, dan atau ROHIS begitu asyyiknya, MOPD yang cukup berkwalitas dan bahkan dihiasi agenda NOBAR film “FETIH 1435”. Ditambah pula event MABIT yang dibarengi dengan Amil Zakat ROHIS Al Hikmah, yang terlihat sangat menarik dan membanggakan.


Walaupun hanya dalam waktu 3 hari masuk sekolah, hal ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Amil Zakat Junior ini. Pada hari Kamis, 09 Juli para panitia menggelar persiapan dan sosialisasi tentang adanya POSKO ZAKAT yang digawangi oleh ROHIS AL HIKMAH, SMAN1S. Kemudian dengan bermodalkan pengalaman yang masih seusia kemekaran bunga Teratai, pelayanan Penyaluran Zakat Fitrah ini dirasa cukup membuat senyum manis dari masyarakat.


Terlihat ramai sekali posko zakat yang dibangun di 2 tempat dihalaman SMA Negeri 1 Sukodono, para siswa sangat antusias menyambut event amal ini.tercatat, walau hanya 3 hari dibuka, akan tetapi penggemarnya wooowwww.....


Lebih dari 70% siswa siswi SMA Negeri 1 Sukodono menyambut indah program kerja Tahunan ROHIS SMAN1S ini, artinya lebih 550 dari siswa/siswi SMA Negeri 1 Sukodono yang membayarkan zakat fitrahnya ke Amil Zakat ROHIS SMAN1S. Dari sekian banyak siswa itu, kemudian beras dikumpulkan dan kemudian dikerangkakan dalam bentuk yang lebih besar. Kita menerima beras seberat 2,5 kg, tapi kita membungkusnya kembali dengan berat 4 kg.


Sabtu sore, setelah penat dengan kesibukan MOPD, para aktivis yang tertera dalam anggota dan pengurus dari OSIS dan ROHIS menguatkan tubuh dan melatih kesabaran dengan tetap berada di sekolah guna mengulurkan tangan menata dan mengolah beras-beras yang sudah terkumpul dari siswa/siswi SMA Negeri 1 Sukodono. Dengan kondisi yang sudah sangat letih, tapi tak mengurungkan semangat mereka untuk memanfaatkan kesempatan yang sangat indah untuk beramal demi kebaiakan diri dan lingkungan sekitar.


Dilanjut, pada Minggu pagi hari, sekitar jam 10.00 WIB, keadaan SMA Negeri 1 Sukodono kembali riuh dengan kehadiran amil zakat junior ini. Terlhat sanagt semangat dan gembira menikmati pekerjaan mereka, beras yang jumlahnya lebih dari 14 Kuintal itupun ludes diserbu tangan-tangan indah para penggerak SMA Negeri 1 Sukodono. Tak berfikir panjang dengan keadaan diri yang cukup letih itu, mereka dengan semangat kebersamaan menumpas habis apa yang sudah menjadi tanggungjawab mereka.


Finaly, tugas para Amil Zakat Junior ini di akhiri dengan penyaluran Zakat kepada yang berhak menerimanya. Sesuai target, mereka memberikan zakat fithrah ini kepada siswa/siswi SMA Negeri 1 Sukodono yang tergolong dibawah KKM yang jumlahnya telah ditetapkan 75 nama. Lanjut, dari beras zakat yang tersisa, panitia memberikannya kepada masyarakat disekitar SMA Negeri 1 Sukodono sejumlah 27 nama, di salurkan kepada yayasan atau instansi sejumlah 7 kuintal, dan yang masih tersisa itu, di gawangi sang Juru Kemudi, yaitu Ketua OSIS SMA Negeri 1 Sukodono, beras-beras itu dikirim ke daerah-daerah. Tak wajar, dan agak lain dari yang lain, biasanya dalam penyaluran zakat Fitrah ini, panitia hanya menerima daftar nama dari daerah, yang kemudian nama-nama yang terkait di undang untuk mengambil zakatnya, akan tetapi di Amil Zakat ROHIS ini mencoba tampil dengan wajah baru.


Waluapun agak repot dan menguras tenaga, apa yang dilakukan oleh Amil Zakat ini terlihat menarik dan sangat efektif, yaitu mereka terjun langsung ke daerah dengan tanpa mengantongi daftar nama penerima, mereka langsung open door di rumah warga masyarakat yang memang berhak menerima zakat. Mereka survey langsung sekaligus memberikan hak masyarakat itu, so, segala kecurangan yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan Penyaluran Zakat Fithrah ini dapat teratasi, tak ada lagi penyelewengan kerja, tak ada lagi dosa-dosa para penjahat kemanusiaan.


And then, we can learn..........sebuah jalan kebenarn itu akan dicapai dengan pengorbanan yang cukup besar.


Allah swt telah mengingatkan kita :


“Sesungguhnya Allah telah memerintahkan kamu untuk menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya....” (QS An Nisa’ : 58)


 


Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata,


زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ  فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم


“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fithri untuk mensucikan orang yang berpuasa dari perkara yang sia-sia dan perkataan kotor, sekaligus untuk memberikan makan orang-orang miskin.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah. Dalam Shohih wa Dho’if Sunan Abu Daud, Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini hasan)


 


Ibnu Qayyim Al Jauziyah rahimahullah menjelaskan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi petunjuk bahwa zakat fithri hanya khusus diserahkan pada orang-orang miskin dan beliau sama sekali tidak membagikannya pada 8 golongan penerima zakat satu per satu. Beliau pun tidak memerintahkan untuk menyerahkannya pada 8 golongan tersebut. Juga tidak ada satu orang sahabat pun yang melakukan seperti ini, begitu pula orang-orang setelahnya.” (Zaadul Ma’ad, 2/17.)



 




Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas